Sabtu, 04 Februari 2012

MAGIC TRIK

Pesulap matematika yang terkenal di Indonesia saat ini adalah Joshua Sandy, yang lebih dikenal dengan nama Joe Sandy. Pria kelahiran Subang, 2 April 1973 ini adalah pemenang di ajang the Master part 2, yang merupakan ajang pencari bakat untuk para pesulap di Indonesia.
Sulap matematika merupakan salah satu seni dalam bidang matematika. Dalam sulap matematika ini tersimpan suatu trik-trik yang disembunyikan oleh para pesulap. Salah satu trik yang disembunyikan itu adalah Mathematics Extreme Prediction yang merupakan ciptaan dari Wiku Pulangasih “the online magician” adalah metode yang digunakan oleh Joe Sandy di saat final.
Anda bias membuat prediksi 5 baris penjumlahan saat baris pertama baru selesai ditulis. Baris angka-angka di baris ke-1, 2, dan 4 ditulis secara acak oleh orang lain, sedangkan anda menulis angka-angka di baris ke-3 dan ke-5.

Prosedur :
  1. Minta seorang penonton untuk mengisi 5 digit secara acak pada baris pertama.
  2. Buat prediksi dengan cara, kurangi digit terakhir pada baris pertama dengan 2, dan apabila digit terakhirnya bernila 0 atau 1, maka kurangi digit terakhir (kelima) dengan 2 dan digit keempat dengan 1. Dan tulis angka 2 di depan digit pertama.
    Contoh :
  1. Minta orang lain menuliskan lagi 5 digit angka di bawah baris pertama (pada baris kedua). Kemudian Anda isi angka pada baris ketiga yang apabila perdigitnya dijumlahkan dengan angka-angka pada baris kedua hasilnya 9.
  1. Lakukan hal yang serupa untuk baris keempat dan baris kelima.
Contoh
Prediksi
Untuk menjumlahkan sejumlah ganjil angka-angka (misalnya sejumlah 5 angka, 7, angka,dst. Dengan kata lain jumlah barisnya ganjil) dengan jumlah digit yang sama, dalam bentuk 2n+1, dengan n = 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Maka prediksinya:
  1. Kurangi digit terakhir dengan n. Dan apabila angka terakhirnya < n, maka kurangi angka pada digit terakhir tersebut dengan dengan n, dan kurangi angka pada digit ke 2n dengan 1.
  2. Tulis angka n d depan digit pertama

Menebak Angka

Selain memprediksi hasil akhir dari permainan, bentuk sulap matematika juga ada dalam bentuk menebak angka.
  • Minta seseorang memilih bilangan 4 angka (misal: 3467). Lalu, minta dia mengurangi bilangan tersebut denngan angka-angka penyusunnya (contoh: 3467-3-4-6-7= 3447).
  • Mintalah dia untuk menyembunyikan satu angka dan menyebutkan angka sisanya.
    Misalkan dia menyembunyikan angka 4 dari angka 3447, lalu menyebutkan angka sisanya: 3, 4, dan 7.
Trik
Jumlahkan angka yang diberikan ( 3 + 4 + 7 = 14), lalu cari kelipatan bilangan sembilan yang terdekat dengan angka tersebut atau lebih besar atau sama dengan angka itu.
Yaitu
cari x yang memenuhi
(14 + x) mod 9 =0 , x є bilangan Asli
Penjelasan
Misalkan bilangan yang dipilih adalah “abcd”. Bilangan ini bisa ditulis menjadi 1000a + 100b + 10c + d. kemudian kurangi dengan angka-angka penyusunnya :
    (1000a + 100b + 10c + d) – a – b – c – d = 9(111a + 11b + c)
jadi hasilnya pasti habis dibagi 9.

Tidak ada komentar: